Sosialisasi & Peresmian Pengolahan Air Bersih Desa Binaan

Dalam rangka kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat, pada awal bulan Januari hingga pertengahan April 2012 lalu, Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan Politeknik Negeri Pontianak melaksanakan kegiatan pembuatan alat pengolahan air bersih di Desa Suka Bangun, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimatan Barat.

Kegiatan yang didanai oleh Unit Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Politeknik Negeri Pontianak ini diawali dengan tahapan kegiatan pendahuluan yang juga melibatkan beberapa staf dari dinas pemerintah daerah setempat, antara lain: Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ketapang, Kantor Kecamatan Delta Pawan, dan Kantor Kelurahan Desa Suka Bangun Dalam, sebagai langkah agar kegiatan yang dilakukan lebih tepat guna dan sasaran. Berdasarkan data yang diperoleh dilapangan kemudian ditetapkan tema kegiatan yang akan dilakukan yaitu pembuatan alat pengolahan air bersih.

Dalam tahapan kegiatan selanjutnya kemudian dibentuk tim dari Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan Politeknik Negeri Pontianak yang diketuai oleh Bapak Chandra Bayu, S.T., M.T. yang bertugas untuk membuat rancangan dan merealisasikan hasil rancangan alat pengolahan air bersih tersebut. Puncak dari kegiatan dilaksanakanĀ pada tanggal 14 April 2012 yang lalu diakhiri dengan pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pengolahan Air Bersih oleh 9 orang perwakilan Politeknik Negeri Pontianak yang diketuai oleh Bapak Ir. H. M. Toasin Asha, M.Si., yang dihadiri sekitar 50 orang dari pemuka dan masyarakat setempat, serta peresmian dan serah terima perangkat pengolahan air bersih kepada masyarakat desa yang diwakili oleh Bapak Fauzi selaku Kepala Desa Suka Bangun.