Program Studi

D4 Desain Kawasan Binaan

(Rancang Kota / Kawasan)

Highlight Kegiatan Prodi

Kunjungan Industri
Ke Kawasan Budidaya Mangrove Sungai Kupah
Lab Komputer Arsitektur
Kegiatan merancang arsitektur bangungan menggunakan Teknologi Komputer
Program Sertifikasi
Kompetensi dan Profesi Mahasiswa Vokasi Tahun 2024
Previous slide
Next slide

KETUA PROGRAM STUDI

D4 ARSITEKTUR

BANGUNAN GEDUNG

“Selamat datang di laman resmi Program Studi D4 Arsitektur Bangunan Gedung.”

Selamat datang di website resmi Program Studi D4 Desain Kawasan Binaan (Rancang Kota / Kawasan). Kami sangat bangga dan bersemangat memperkenalkan platform digital ini yang dirancang untuk memberikan informasi lengkap dan terkini mengenai program studi kami. Melalui website ini, kami berharap dapat menjembatani komunikasi antara civitas akademika, calon mahasiswa, dan masyarakat luas, sehingga semua pihak dapat memahami visi, misi, serta berbagai kegiatan yang kami selenggarakan untuk mencetak tenaga ahli di bidang perancangan kawasan binaan.

 

Dengan adanya website ini, kami berharap dapat meningkatkan promosi dan keterlibatan semua pihak dalam pengembangan program studi ini. Kami berkomitmen untuk menyajikan konten yang informatif dan bermanfaat, mencakup informasi kurikulum, kegiatan akademik, prestasi mahasiswa, hingga berbagai proyek penelitian yang tengah kami jalankan. Semoga website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan referensi bagi semua pengunjung yang memiliki ketertarikan dalam bidang rancang kota dan kawasan. Terima kasih atas kunjungannya, dan mari bersama-sama membangun masa depan yang lebih baik melalui pendidikan yang berkualitas.

Ir. (TUD), Ir. (UAJ) Herry Prabowo, S.T., M.Sc.

Informasi Singkat Tentang

Prodi D4 Desain Kawasan Binaan (Rancang Kota / Kawasan)

Program Studi D-IV Disain Kawasan Binaan (Arsitektur Kawasan Perkotaan) berdiri tahun 2016 berdasarkan Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor 100/KPT/I/2015. Penerimaan mahasiswa angkatan pertama pada semester gasal tahun 2016/2017.

 

Prodi ini memperoleh peringkat akreditasi Baik pada tahun 2021 berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 2878/SK/BAN-PT/Akred/ST/V/2021.

Program Studi D-IV Disain Kawasan Binaan (Arsitektur Kawasan Perkotaan) saat ini memiliki 13 (tiga belas) tenaga dosen profesional dari alumni perguruan tinggi utama di Indonesia, pada bidang arsitektur, rancang kota, perencana wilayah kota, lansekap kota, dan perencanaan pariwisata kota.

 

Program Studi ini sudah dilengkapi fasilitas perkuliahan yang baik; ruang kuliah dan ruang kuliah bersama yang ideal, dengan fasilitas laboratorium rancang kota dan prasarana studio yang mendukung.

Pada tahun 2045 Program Studi Disain Kawasan Binaan (Arsitektur Kawasan Perkotaan) mampu menghasilkan tenaga terampil dan profesional, yang mampu berperan dalam proses-proses pembangunan daerah.

Profil lulusan yang dihasilkan oleh Program Studi ini adalah sebagai analis dan teknisi (KKNI level 6) terkait dengan perancangan kota, yang mana merupakan tenaga terampil yang mendukung tenaga ahli dibidang perancangan kota maupun perencanaan kota (skala mikro – messo).

 

Lulusan memiliki kompetensi dasar di bidang arsitektur, perancangan multi massa bangunan dan kemampuan mengelaborasi ke dalam perwujudan arsitektur perkotaan. Disamping itu terdapat kemampuan khusus dalam pengumpulan (survey) dan pengolahan data dan informasi spasial berbasis (Sistem Informasi Geografis Perkotaan) untuk mendukung penterjemahan konsep perancangan arsitektur perkotaan dalam bentuk gambar dan permodelan.

  1. Memiliki kemampuan analisis bidang dasar-dasar arsitektur.
  2. Memiliki kemampuan merancang bangunan sederhana, merancang tapak dengan multi massa bangunan dan ruang-ruang perkotaan (ruang publik) skala kecil – menengah.
  3. Memiliki kemampuan menterjemahkan Konsep/ ide/ gagasan Perancangan skala Kawasan dan Kota dalam menjadi simulasi rancangan dan mempresentasikannya dalam bentuk gambar-gambar 2 dimensional dan 3 dimensional.
  4. Memiliki kemampuan survey spasial dengan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh, pemetaan, maupun pengumpulan data dan informasi sosial ekonomi masyarakat.
  5. Memiliki kemampuan analisis data dan informasi spasial berbasis GIS Perkotaan.
  6. Memiliki kemampuan pengorganisasian masyarakat, dan pengambilan keputusan dalam masyarakat secara partisipatif.
  7. Memahami kepranataan pembangunan terkait, baik terkait dengan pedoman  dan aturan perundang-undangan.

Kegiatan Kunjungan Industri

Berikut adalah Preview Kegiatan Kunjungan Industri (KI) yang dilakukan oleh Prodi D4 Arsitektur Bangunan Gedung ke Singapura dan Jogjakarta

Kunjungan Industri ini merupakan program unggulan dari Program Studi D4 Arsitektur Bangunan Gedung