Tentang
Jurusan Arsitektur Polnep

Sejarah Jurusan

Teknik Arsitektur

Jurusan Teknik Arsitektur sebelumnya merupakan hasil pengembangan Program Studi D3 Teknik Arsitektur dibawah Jurusan Teknik Sipil. Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak berdiri pada tanggal 1 November 2011, berdasarkan Keputusan Direktur Politeknik Negeri Pontianak No:2816/PL16/OT/2011 tentang Pendirian Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak. D3 Arsitektur merupakan prodi pertama yang berdiri dan menjadi tonggak awal Jurusan Teknik Arsitektur. Prodi ini resmi dibuka pada tanggal 25 September 2000, sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Tinggi Nasional Republik Indonesia Nomor 350/DIKTI/Kep/2000 tentang Pembukaan Program Studi Diploma III Teknik Arsitektur Pada Politeknik Negeri Pontianak. 

Pada tanggal 1 November 2011, Jurusan Teknik Arsitektur lahir sesuai dengan Keputusan Direktur Politeknik Negeri Pontianak Nomor : 2816/PL16/OT/2011 tentang Pendirian Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak. Jurusan baru ini pada saat itu baru memiliki 1 program studi didalamnya.

 

Kini Jurusan Teknik Arsitektur terus berkembang hingga kini telah memiliki tiga Program Studi yaitu Program Studi Arsitektur (D3), Program Studi Arsitektur Bangunan Gedung (D4) dan Program Studi Desain Kawasan Binaan (D4). Selanjutnya pada tanggal 18 November 2015, dua Program Studi baru lahir yaitu Program Studi Diploma Empat Arsitektur Bangunan Gedung dan Program Studi Diploma Empat Desain Kawasan Binaan. Hal tersebut berdasar kepada Keputusan Menteri Ristek-Dikti Republik Indonesia Nomor 100/KPT/I/2015 tentang Pembukaan Program Studi Arsitektur Bangunan Gedung Program Diploma Empat dan Program Studi Desain Kawasan Binaan Program Diploma Empat Pada Politeknik Negeri Pontianak di Pontianak.

Sejarah Jurusan

Teknik Arsitektur

Jurusan Teknik Arsitektur sebelumnya merupakan hasil pengembangan Program Studi D3 Teknik Arsitektur dibawah Jurusan Teknik Sipil. Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak berdiri pada tanggal 1 November 2011, berdasarkan Keputusan Direktur Politeknik Negeri Pontianak No:2816/PL16/OT/2011 tentang Pendirian Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak. D3 Arsitektur merupakan prodi pertama yang berdiri dan menjadi tonggak awal Jurusan Teknik Arsitektur. Prodi ini resmi dibuka pada tanggal 25 September 2000, sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Tinggi Nasional Republik Indonesia Nomor 350/DIKTI/Kep/2000 tentang Pembukaan Program Studi Diploma III Teknik Arsitektur Pada Politeknik Negeri Pontianak. 

Pada tanggal 1 November 2011, Jurusan Teknik Arsitektur lahir sesuai dengan Keputusan Direktur Politeknik Negeri Pontianak Nomor : 2816/PL16/OT/2011 tentang Pendirian Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak. Jurusan baru ini pada saat itu baru memiliki 1 program studi didalamnya.

 

Kini Jurusan Teknik Arsitektur terus berkembang hingga kini telah memiliki tiga Program Studi yaitu Program Studi Arsitektur (D3), Program Studi Arsitektur Bangunan Gedung (D4) dan Program Studi Desain Kawasan Binaan (D4). Selanjutnya pada tanggal 18 November 2015, dua Program Studi baru lahir yaitu Program Studi Diploma Empat Arsitektur Bangunan Gedung dan Program Studi Diploma Empat Desain Kawasan Binaan. Hal tersebut berdasar kepada Keputusan Menteri Ristek-Dikti Republik Indonesia Nomor 100/KPT/I/2015 tentang Pembukaan Program Studi Arsitektur Bangunan Gedung Program Diploma Empat dan Program Studi Desain Kawasan Binaan Program Diploma Empat Pada Politeknik Negeri Pontianak di Pontianak.

Perioderisasi

Ketua Jurusan Teknik Arsitektur Polnep

Chandra Bayu, ST.,MT.

Periode

2011 – 2015

Indrayadi, S.T., M.T.

Periode

2015 – 2019

Chandra Bayu, ST.,MT.

Periode

2019 – 2023

Chandra Bayu, ST.,MT.

Periode

2023 – 2027 (Sekarang)

Tentang Arsitektur

Sekilas

Jurusan Teknik Arsitektur

VISI

Pada tahun 2027 Jurusan Teknik Arsitektur sebagai Jurusan yang berwawasan nasional dan internasional didalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi vokasional bidang arsitektur secara profesional dan terukur.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang mengedepankan perkembangan IPTEKS untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi dalam desain dan rekayasa sistem berbasis Terapan serta berjiwa Profesional..
  2. Melaksanakan riset dan PKM untuk pengembangan keilmuan Teknik Arsitektur terapan dan pemenuhan kebutuhan lokal dan nasional.
  3. Menerapkan ilmu Teknik Arsitektur Terapan untuk mendukung pembangunan nasional dan peningkatan taraf hidup masyarakat.
  4. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung peningkatan mutu akademik, kompetensi lulusan, dan penguatan sumber daya.
Nomor Indikator Program Kegiatan
1 Pengembangan dan inovasi akademik Desain kurikulum yang didukung oleh industri atau dunia kerja Pelaksanaan penyusunan dan review kurikulum yang melibatkan Pakar dan profesional dunia industri
Program penyusunan dan penyediaan RPS dan RPP terhadap kurikulum yang berlaku
Pengembangan inovasi Riset yang berbasis terapan Pelaksanaan Penelitian dan PKM berbasis Terapan sesuai dengan bidang keahlian Dosen
Pelaksanaan kegiatan Seminar dalam tingkat nasional dan internasional
Pembentukan Unit Pengelola Jurnal Bidang Arsitektur dan Rancang Kota terindeks di SINTA atau Scopus
Peningkatan Publikasi Ilmiah Dosen di tingkat Nasional dan Internasional yang terindeks Sinta atau Scopus
Pengembangan program pembelajaran dan kemahasiswaan Pelaksanaan sistem pengawasan dan pengedalian proses pembelajaran
Pengembangan sistem Pembelajaran berbasis ONLINE
Peningkatan Kreatifitas dan Prestasi Mahasiswa Pelaksanaan kegiatan mahasiswa dalam mendukung prestasi dan kreativitas didalam dan luar Negeri
Peningkatan Prestasi Akademis dan Non Akademis Mahasiswa
2 Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengembangan dan Pelatihan kompetensi tenaga Pendidik Pengembangan dan pelatihan Kepemimpinan dan perencanaan strategic
Pelatihan dan pengembangan dosen dalam menyusun buku ajar dan penelitian serta jurnal
Pengembangan dan pelatihan / maggang dosen didalam dan luar negeri
Pengembangan dan pelatihan dosen sebagai penguji kompetensi Mahasiswa
Pelaksanaan pelatihan dosen dengan pemateri dari Industri/ Dunia Kerja dan mendapatkan sertifikasi kompetensi
Pelaksanaan kegiatan Dosen Jurusan menjadi dosen tamu, Narasumber seminar di dalam dan luar negeri
Peningkatan Persentase jumlah Dosen Dengan Jenjang Pendidikan S3 atau Dosen dengan Jabatan Fungsional Lektor Kepala
Pelatihan Metode Manajemen Tindakan Kelas berbasis ISO 9000
Pengembangan dan Pelatihan kompetensi tenaga Kependidikan Pelatihan dan pengembangan administrasi berbasis sistem aplikasi
Pelatihan dan pengembangan tenaga teknisi dalam mendukung laboratorium/workshop/studio
Peningkatan Profesionalitas Industri Tenaga Dosen Sertifikasi Kompetensi Profesi Industri bagi Tenaga Dosen
Peningkatan Profesionalitas Industri Tenaga Kependidikan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kependidikan (Laboratorium/Studio)
3 Pengembangan infrastruktur dan SAPRAS Pengembangan Infrasturktur Keberlanjutan dukungan sarana pembelajaran ruang luar
Pengembangan infrastruktur sistem data dan informasi serta pembelajaran berbasis online
Pelatihan Keandalan Layanan Pelanggan berbasis ISO 9000
Pengembangan sarana dan prasarana Pengembangan peralatan Laboratorium praktik yang berbasis kurikulum dan industri
Pengembangan Peralatan laboratorium praktik yang relevan dengan Industri/Dunia Kerja, atau mendukung program Teaching Industry/Teaching Factory
Peremajaan perangkat lunak dan keras guna menunjang proses pembelajaran di laboratorium/studio terutama terkait dukungan terhadap system BIM
Pengembangan sarana dan prasarana fasilitas tempat uji kompetensi (TUK) yang bersinergi dengan fasilitas lab/studio
Peningkatan Standar rasio mahasiswa terhadap luas ruang kuliah dari 1 Org : 0,9 M2 menjadi adalah 1 Org : 2 M2
Penyediaan system dan sarana pengamanan dan keselamatan di lingkungan Jurusan T. Arsitektur
Pemenuhan standard persyaratan aksesibilitas yang mudah dan nyaman (mengacu pada 7 prinsip universal design) pada Bangunan Gedung Jurusan Teknik Arsitektur
Penyediaan pedoman pemakaian sarana bangunan/ruang di Jurusan Teknik Arsitektur
Pengembangan sarana pembelajaran yang Sehat, Aman, Manusiawi dan mendukung kondisi New Normal pasca Pandemi
4 Pengembangan Kemitraan dengan Industri dan dunia kerja Pengembangan Kerjasama dunia kerja / industri Pelaksanaan Kegiatan Kerjasama bidang terapan dengan dunia industri
Pelaksanaan Kegiatan Kerjasama pelatihan dengan narasumber yang saling berganti antara keduanya
Pelaksanaan kegiatan Maggang Praktik Kerja lapangan Mahasiswa
Pelaksanaan Perekrutan Dosen yang berasal dari Dunia Industri dan atau Profesional sehingga memiliki NIDN
  1. Kerjasama Kajian dan Perancangan Arsitektur
  2. Kerjasama Kajian PBG dan Kajian Kelaikan Bangunan
  3. Kerjasama Kajian dan Perancangan Kawasan dan Kota

Sekilas

Jurusan Teknik Arsitektur

Tentang Arsitektur

VISI

Pada tahun 2027 Jurusan Teknik Arsitektur sebagai Jurusan yang berwawasan nasional dan internasional didalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi vokasional bidang arsitektur secara profesional dan terukur.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang mengedepankan perkembangan IPTEKS untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi dalam desain dan rekayasa sistem berbasis Terapan serta berjiwa Profesional..
  2. Melaksanakan riset dan PKM untuk pengembangan keilmuan Teknik Arsitektur terapan dan pemenuhan kebutuhan lokal dan nasional.
  3. Menerapkan ilmu Teknik Arsitektur Terapan untuk mendukung pembangunan nasional dan peningkatan taraf hidup masyarakat.
  4. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung peningkatan mutu akademik, kompetensi lulusan, dan penguatan sumber daya.
Nomor Indikator Program Kegiatan
1 Pengembangan dan inovasi akademik Desain kurikulum yang didukung oleh industri atau dunia kerja Pelaksanaan penyusunan dan review kurikulum yang melibatkan Pakar dan profesional dunia industri
Program penyusunan dan penyediaan RPS dan RPP terhadap kurikulum yang berlaku
Pengembangan inovasi Riset yang berbasis terapan Pelaksanaan Penelitian dan PKM berbasis Terapan sesuai dengan bidang keahlian Dosen
Pelaksanaan kegiatan Seminar dalam tingkat nasional dan internasional
Pembentukan Unit Pengelola Jurnal Bidang Arsitektur dan Rancang Kota terindeks di SINTA atau Scopus
Peningkatan Publikasi Ilmiah Dosen di tingkat Nasional dan Internasional yang terindeks Sinta atau Scopus
Pengembangan program pembelajaran dan kemahasiswaan Pelaksanaan sistem pengawasan dan pengedalian proses pembelajaran
Pengembangan sistem Pembelajaran berbasis ONLINE
Peningkatan Kreatifitas dan Prestasi Mahasiswa Pelaksanaan kegiatan mahasiswa dalam mendukung prestasi dan kreativitas didalam dan luar Negeri
Peningkatan Prestasi Akademis dan Non Akademis Mahasiswa
2 Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengembangan dan Pelatihan kompetensi tenaga Pendidik Pengembangan dan pelatihan Kepemimpinan dan perencanaan strategic
Pelatihan dan pengembangan dosen dalam menyusun buku ajar dan penelitian serta jurnal
Pengembangan dan pelatihan / maggang dosen didalam dan luar negeri
Pengembangan dan pelatihan dosen sebagai penguji kompetensi Mahasiswa
Pelaksanaan pelatihan dosen dengan pemateri dari Industri/ Dunia Kerja dan mendapatkan sertifikasi kompetensi
Pelaksanaan kegiatan Dosen Jurusan menjadi dosen tamu, Narasumber seminar di dalam dan luar negeri
Peningkatan Persentase jumlah Dosen Dengan Jenjang Pendidikan S3 atau Dosen dengan Jabatan Fungsional Lektor Kepala
Pelatihan Metode Manajemen Tindakan Kelas berbasis ISO 9000
Pengembangan dan Pelatihan kompetensi tenaga Kependidikan Pelatihan dan pengembangan administrasi berbasis sistem aplikasi
Pelatihan dan pengembangan tenaga teknisi dalam mendukung laboratorium/workshop/studio
Peningkatan Profesionalitas Industri Tenaga Dosen Sertifikasi Kompetensi Profesi Industri bagi Tenaga Dosen
Peningkatan Profesionalitas Industri Tenaga Kependidikan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kependidikan (Laboratorium/Studio)
3 Pengembangan infrastruktur dan SAPRAS Pengembangan Infrasturktur Keberlanjutan dukungan sarana pembelajaran ruang luar
Pengembangan infrastruktur sistem data dan informasi serta pembelajaran berbasis online
Pelatihan Keandalan Layanan Pelanggan berbasis ISO 9000
Pengembangan sarana dan prasarana Pengembangan peralatan Laboratorium praktik yang berbasis kurikulum dan industri
Pengembangan Peralatan laboratorium praktik yang relevan dengan Industri/Dunia Kerja, atau mendukung program Teaching Industry/Teaching Factory
Peremajaan perangkat lunak dan keras guna menunjang proses pembelajaran di laboratorium/studio terutama terkait dukungan terhadap system BIM
Pengembangan sarana dan prasarana fasilitas tempat uji kompetensi (TUK) yang bersinergi dengan fasilitas lab/studio
Peningkatan Standar rasio mahasiswa terhadap luas ruang kuliah dari 1 Org : 0,9 M2 menjadi adalah 1 Org : 2 M2
Penyediaan system dan sarana pengamanan dan keselamatan di lingkungan Jurusan T. Arsitektur
Pemenuhan standard persyaratan aksesibilitas yang mudah dan nyaman (mengacu pada 7 prinsip universal design) pada Bangunan Gedung Jurusan Teknik Arsitektur
Penyediaan pedoman pemakaian sarana bangunan/ruang di Jurusan Teknik Arsitektur
Pengembangan sarana pembelajaran yang Sehat, Aman, Manusiawi dan mendukung kondisi New Normal pasca Pandemi
4 Pengembangan Kemitraan dengan Industri dan dunia kerja Pengembangan Kerjasama dunia kerja / industri Pelaksanaan Kegiatan Kerjasama bidang terapan dengan dunia industri
Pelaksanaan Kegiatan Kerjasama pelatihan dengan narasumber yang saling berganti antara keduanya
Pelaksanaan kegiatan Maggang Praktik Kerja lapangan Mahasiswa
Pelaksanaan Perekrutan Dosen yang berasal dari Dunia Industri dan atau Profesional sehingga memiliki NIDN
  1. Kerjasama Kajian dan Perancangan Arsitektur
  2. Kerjasama Kajian PBG dan Kajian Kelaikan Bangunan
  3. Kerjasama Kajian dan Perancangan Kawasan dan Kota